Sunday, August 23, 2009

Busway... oh... Busway...

Karena kemacetan yang sudah semakin memuncak di kota Jakarta tercinta ini, rupanya pemerintah membuat transportasi alternatif yaitu Trans Jakarta atau yang lebih akrab dengan sebutan Busway. Manurut pemerintah, diharapkan dengan adanya Busway yang mempunyai jalur khusus (yang mestinya bebas macet), bisa membuat warga Jakarta mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dan hasil akhirnya, kemacetan di Jakarta bisa berkurang.

Tapi masalahnya sekarang, gue kok ngrasa Busway gak bisa dibilang sebagai kendaraan yang aman, nyaman, dan cepat ya? Salah satu buktinya, temen gue ada yang pernah keilangan Hapenya di dalam Busway (kok bisa gak krasa ya?), trus karena jalur Busway yang tadinya dirancang khusus hanya untuk dilewati oleh Busway, nyatanya banyak pengguna jalan lain yang ikut memakai, lantaran lajur untuk umum di jalan yang kurang lebar. Alhasil, alih-alih, mau cari transportasi yang aman, nyaman, dan cepat, malah ternyata ngantri-ngantri juga karena macet!!! Lain lagi dengan haltenya, yang kadang maksa banget. Gimana gak maksa, dengan jalan sempit tetep dibuat halte juga, yang akhirnya cuma muat 1 baris, hasilnya ruangan jadi panas, pengap, dan bikin sesek napas (Blm lagi kalo pas jam pulang kantor, wow aneka macam jenis parfum yang cmpur kringet, bikin pala gue kleyengan, weeekkk!!!)

Belum lagi, kalo pas Buswaynya ada masalah yang gue sendiri gak tau apa penyebabnya tiba-tiba jadi jarang lewat, dan antrian jadi panjang banget. Hasilnya, karena udah pada telat, ketika Busway yang ditunggu akhirnya dateng, smua mau cepet-cepet naik, dan tau apa akibatnya? Saling dorong-doronganlah semua..!!! Huufff, ada juga orang-orang yang bikin bete, seperti misalnya udah mereka mau ngantri paling depan biar dapet duduk, giliran ada Busway dateng dan penuh, mereka gak mau naik. Masalahnya, mereka juga gak mau minggir sedikit, biar yang di belakang bisa naik ke Busway... (Buseet, kadang-kadang gue gak ngerti jalan pikiran mereka, sumpah!!!)

Trus, dengan rute yang bisa transit-transit, tapi dengan jalur yang panjang buangeet.. (jalan dari halte satu ke halte yang lain bisa 10 menit jalan kaki!!!)
Gue sendiri udah bela-belain bangun jam 5 pagi untuk berangkat kerja, ternyata sampe kantor masih telat 45 menit juga (Sukur-sukur cuma dapet SP, kalo sampe dipecat, wah mampus deh hehe...!!!)

Trus dengan keadaan yang kaya gitu, apa Busway masih bisa disebut dengan transportasi alternatif yang aman, nyaman, dan cepat??? Yahhh... tapi diluar dari hal-hal diatas tadi, mungkin kadang-kadang kalo pas gak ketemu hal-hal yang gak enak tadi, Busway emang bisa jadi salah satu transportasi alternatif yang aman, nyaman dan cepat.

Jadi sekarang tergantung pendapat dan pilihan masing-masing, apakah Busway emang efektif dan nyaman sebagai alat transportasi alternatif, atau malah repot dan ribet.
Tapi walau apapun yang terjadi, karena gue tinggal, dan cari makan di kota metropolitan ini, jadi gue cuma bisa untuk selalu positif thinking biar bisa tetep waras menjalani hidup yang serba cepat, amburadul, dan sibuk di kota Jakarta ini kan???

No comments: