Monday, August 31, 2009

Kuah Sawi Asin Bakut


Sayur Asin ini kesukaan gue dari dulu, apalagi kalo Mama yang masak nyummm... bisa-bisa gue makan terus. Susah brenti kalo blum abis (Haha... dasar rakus). PAs gue sudah tinggal di Jakarta, gue cuma bisa makan sayur ini setaon sekali pas balik Gombong (Nasib anaaak kosssttt.../ lagunya P project ) . Pas sudah merried, gue pengen masak sendiri, tapi bingung resepnya, alhasil gue cari contekan kmana-mana, mulai dari curi-curi baca buku di Gramedia (Gak ketinggalan, buku catatan plus bolpointnya dong, biasa, mental anak kost yang ngiritnya blm ilang wkakakak), sampe tanya sana-sini. Eh gue gak sadar punya Mama yang jago masak (Dasar anak durhaka haha...). Ujung-ujungnya ya tetep aja tanya resep ke Mama deh, mang masakannya yang paling muantappp..... (Thanks ya Ma...). Untuk sambel pelengkapnya, hasil coba2 gue, tapi kalo ada yang punya ide dan resep lebih enak, silakan aja loh... Met mencoba yak...!!!
Bahan-bahan:
2 ikat sawi asin, cuci bersih, rebus dengan bawang putih untuk menghilangkan bau, potong2, goreng sebentar.
25 gr Daging babi sengkel, rebus sampai lunak, potong2 sesuai selera
2 siung bawang putih cincang, goreng.
1 cm jahe
1/2 sdt garam
1/4 sdt lada bubuk
1 sdm kecap asin
1/2 sdt gula pasir
Sembal Pelengkap:
2 butir cabe rawit potong2, boleh lebih kalo suka pedes
2 butir bawang merah, cincang kasar
1 sdm kecap asin
1/2 sdm air jeruk lemon, ato sesuai selera
Garam, gula pasir secukupnya
Campur semua bahan, diamkan sebentar dalam kulkas sampai bahan menyatu smua
Cara membuat:
1. Rebus kaldu babi, setelah mendidih, kecilkan api, buang lemak yang mengambang.
2. Masukkan bawang putih cincang goreng, tunggu sampai wangi.
3. Masukkan daging babi, garam, gula, lada, jahe, dan kecap asin
4. Masukkan sawi, tunggu sampai mendidih, hidangkan hangat-hangat dengan sambel pelengkapnya, nyummm...