Monday, September 9, 2013

Tanteku Sayang, Tanteku Ribed

Kali ini aku mau cerita tentang tanteku nih, bukan mau ngomongin orang sih, cuma sekedar cerita pengalaman aja sebenernya . Jadiiii... Ceritanya dulu itu pas masih jaman SMA kan aku punya cita-cita pengen bisa kuliah kan. Nah kebetulan karena orang tuaku juga bukan orang yg berada, secara papaku kerja sebagai sales sekalian merangkap sopir, sedangkan mamaku cuma ibu rumah tangga. Jadi kalo mau kuliah, biayanya sudah dipastikan gak ada. Tapi bener waktu itu aku gak patah semangat, dengan sedikit maksa, aku minta papaku untuk cari pinjeman uang, buat aku masuk kuliah pertama, dengan rencana, setelah itu aku cari kerja, dan biaya kuliah selanjutnya akan kucari sendiri. Waktu itu papaku sempat keberatan sih, karena beliau takut gak bisa balikin uang pinjaman itu, dan waktu itu aku sempet ngambek juga . Tapi, setelah kupikir-pikir lagi, rasanya aku jadi anak durhaka karena udah maksa orang tuaku untuk melakukan hal diluar batas kemampuannya. Jadi akhirnya aku menyerah dan pasrah untuk gak kuliah. Tapi Puji Tuhan bener-bener, gak tau gmana tiba-tiba papaku nanyain lagi apa aku masih punya niat untuk kuliah yay!!! Tentu saja dengan semangat empatlima kujawab masih dong. Akhirnya, jadilah aku ke jakarta untuk kuliah, sambil mulai cari chanel untuk mencari pekerjaan. Nah cerita tentang tanteku dimulai pas aku ke Jakarta untuk kuliah ini. Jadiiii... karena waktu itu gajiku masih kecil banget, bahkan untuk bayar semesteran aja sebenernya masih kurang, jadi aku tinggal sama tanteku di daerah cengkareng sana. Dan tanteku jugalah yang mengurus segala keperluanku, juga membantuku untuk membayar uang semesteranku. Jadi singkat cerita, aku bisa lulus kuliah dan hidup baik sekarang ini juga karena bantuan tanteku. Karenanya, sejak itu juga setiap kali aku pacaran, aku akan bilang ke pacarku, bahwa aku ada tante yang begitu baik, dan aku sungguh berhutang budi padanya. Jadi setiap kali juga aku akan mengajukan pertanyaan, apakah mereka akan keberatan bila nanti kita menikah, dan tanteku ini sampai di usia tuanya blum juga menikah, dia akan keberatan jika tanteku ini ikut dengan kita berdua. Kalo jawaban dia keberatan, maka aku akan langsung minta maaf untuk tidak bisa meneruskan hubungan kita. Nah suamiku yang sekarang ini, Nyoman, dia tidak keberatan dengan syarat yang kuajukan itu, jadilah kita sampai menikah Singkat ceritanya sih, jadi sampai sekarang, karena tante masih kerja, hanya setiap weekend beliau datang dan menginap ke rumahku. Dan mulailah kerusuhan-kerusuhan yang terjadi Jadiii... bukan kerusuhan apa sih, tapi aku rasa karena generation gap aja yang bikin suasana rumah ribed kalo ada tanteku ini.
Contohnya aja misalnya, kita berdua sudah berkomitmen untuk memasak tidak menggunakan micin lagi, maksudnya sih buat kesehatan jangka panjang, jadi di rumah pasti tidak tersedia micin kan. Nah giliran tanteku datang ke rumah dia bakalan cari micin, dna keukeuh bilang kalo masak gak pake micin tuh gak enak, jadi alhasil, walaupun kita gak pernah sedia micin di rumah, kalo tante datang pasti jadi ada micin, karena dia bela-belain bawa micin sendiri Trus untuk masalah wajan teflon, kita sudah sediakan banya sodetan yang khusus untuk wajan teflon, dengan tujuan tuh teflon gak pada ngelotok, tapi tetep sih tante ngeyel tetep pake sodetan besi setiap kali masak pake tuh wajan, alhasil wajan teflon kita ngelotok semua deh. Nah sekarang pas aku beli wajan teflon lagi yang baru, aku bilangin kan untuk gak pake sodetan besi kalo mau pake wajanku yang baru itu, dan you know what??? dengan entengnya dia jawab,"Kamu kenceng-kenceng kali pake sodetannya, kalo ii kan pelan-pelan, jadi wajannya gak pada ngelotok." Pas aku jawab,"loh justru Rina gak pernah pake sodetan besi kalo masak pake wajan teflon." mukanya kayak gak seneng gitu. Daaannn, dia paling latah dengan barang baru, setiap kali ada perabotan baru, dia pasti yang paling pertama mau pake tuh barang, jadi sudah bisa ditebak, wajan teflon lama ditinggalkan, dan mulailah dia pake wajan teflonnya yang baru Trus soal gorengan, kita berdua juga lagi mulai kurangin makanan yang goreng-gorengan, jadi kita lebih banyak makan yang sehat deh intinya. Emang gak selalu, tapi diusahakan sebisa mungkin menghindari. Nah si tante ini, dengan kreatifnya setiap kali datang weekend, kalo gak bawa krupuk, emping, ato bahan-bahan lain yang bisa dibikin gorengan, jadi minyak goreng 2lt yang biasanya bisa habis 6 bulan, kalo pas tante rajin datang ke rumah, bisa 1 bulan saja tuh minyak sudah habis Selain urusan dapur, urusan lainnya juga ribed, ada aja yang dikerjain dan hasilnya suka-suka dia. Dan kalo pas kita gak sreg dengan yang dia kerjakan, kalo dikasih tau, dianya ngambek dan tersinggung, dan alhasil bakalan berbulan-bulan gak datang ke rumah kita Kalo sudah gitu, aku jadi bingung sendiri sama tindakan yang mesti kuambil. Di satu sisi, aku senang kalo tanteku datang ke rumah, karena aku jadi ada temen ngobrol dan gosip sesama cewe kan? Dan sungguh aku gak pernah keberatan beliau tinggal bareng kita. Tapi di sisi lain ada kalanya pas kita pengen santai, jadi ribed karena tante gak pernah bisa duduk santai pas weekend, menikmati suasana rumah, dan menghabiskan waktu liburan dengan santai. Jadi sekarang aku mesti gimana ya? Ujung-ujungnya aku harus selalu jadi penengah bagi tanteku dan Nyoman. Aku harus bisa pelan-pelan ngarahin tante untuk gak terlalu ribed di rumah, dan aku harus nenangin Nyoman biar gak terlalu sebel sama tanteku. Hmmm... sungguh berat menanggung hutang budi yaaa... At the end sih sebenernya, tetep aja aku sayang banget sama tanteku ini walaupun dia ribed tiap kali dateng

No comments: