Tuesday, September 1, 2009

Hmm... Terung Pun Bisa Kriuk


Selama ini, bagi orang Indonesia, terung lebih banyak dimakan dengan sambal atau untuk sayur lodeh. Sama halnya dengan orang Italia, terung lebih dikreasikan menjadi makanan pembuka dengan isi daging atau keju.Namun, hampir belum ada yang memanfaatkannya sebagai camilan kriuk-kriuk.

Padahal, makanan ini juga baik untuk kesehatan tubuh. Terung bisa menurunkan kolesterol darah, mengandung zat antikanker, sebagai alat kontrasepsi, dan dipercaya meningkatkan libido.

Secara tradisional, buah terung untuk pengobatan peradangan pada mulut, wasir, retak tulang, gusi bengkak, pelancar air seni, dan demam.

Terung sendiri merupakan tanaman asli daerah tropis yang diduga berasal dari Asia, terutama India dan Birma.Terung kemudian disebarkan ke China, kawasan Amerika Selatan dan Afrika. Hingga mencapai daratan subtropis, seperti Spanyol, dan negara lain di kawasan Eropa. Penyebarannya yang luas membuat terung memiliki sebutan beragam, yaitu eggplant, eierplant, melongene, gardenegg, aubergine, atau eirefruch. (Sumber dari kompas.com)

Nah, karena manfaat terung begitu banyak, gak ada salahnya kita juga makan terung kan? Dibawah ini ada satu resep terung kriuk, lumayan buat nambah perbendaharaan resep camilan, Selamat mencoba yak...


Deep Fried Japanese Eggplant


Bahan:
100 gram terung
30 gram abon ayam
1 siung bawang putih
500 ml minyak goreng
Seledri, cabai merah secukupnya

Adonan Celup:
50 gram tepung terigu
10 gram tepung tapioka
¼ sdt baking powder
Garam dan air secukupnya

Membuatnya:
1. Campur seluruh bahan adonan celup menjadi satu hingga tercampur rata.
2. Cuci dan kupas terung. Potong panjang sekitar dua cm.
Masukkan terung satu per satu dalam adonan dengan teknik deep fries (memakai
minyak goreng banyak). Lalu angkat.
3. Secara terpisah, cincang bawang putih, seledri, dan cabai merah. Campur dengan abon.
Kemudian taburkan semua bahan tersebut ke terung goreng. Sajikan segera.